24 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Gubernur Awang Dukung Pemekaran Kutai Pesisir


Gubernur Awang Dukung Pemekaran Kutai Pesisir
Gubernur Awang Faroek bersama masyarakat Kutai Pesisir yang berjuang menuntut pemekaran daerah. (SENO/HUMASPROV)

KLIKBONTANG.COM - Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak mendukung pemekaran wilayah Kutai Pesisir dari Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Hal ini disampaikannya saat memimpin rapat pertemuan Pemprov Kaltim dengan tim sukses pemekaran wilayah tersebut.

"Pada dasarnya Pemprov Kaltim mendukung pemekaran wilayah sesuai dengan semangat otonomi daerah," kata Awang Faroek di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur, Selasa (13/2/2018).

Pertemuan itu dihadiri Aanggota DPRD Kaltim Jumahir Jahidin. Sedangkan dari jajaran Pemprov Kaltim nampak Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ichwansyah dan Asisten Administrasi Umum Bere Ali.

Hadir pula Camat Samboja Ahmad Junaidi, Camat Muara Jawa Fahmi, Camat Sangasanga Gunawan, Camat Anggana Hj Norhasari dan Camat Loa Janan Muhaji serta tokoh masyarakat dan tokoh agama di lima kecamatan tersebut.

Menurut gubernur, tuntutan masyarakat dari lima kecamatan di wilayah Kukar merupakan hal yang wajar untuk percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.Sebab lanjutnya, pemekaran wilayah dimaksudkan guna  meningkatkan pelayanan dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

Lima kecamatan wilayah Kukar itu terdiri Kecamatan Muara Jawa, Kecamatan Sanga-sanga, Kecamatan Anggana, Kecamatan Samboja dan Kecamatan Loa Janan Ulu.

Selain itu, pemekaran mampu memperkokoh basis ekonomi rakyat dan memberikan kesempatan daerah otonomi baru (DOB) dalam mengatur perimbangan keuangan daerah dan pusat. 

Bahkan pembentukan DOB diyakini mampu membuka peluang dan lapangan pekerjaan. Juga memberikan peluang daerah mendapatkan investor secara langsung. "Terbentuknya DOB agar  daerah itu dapat memaksimalkan pengelolaan potensi daerahnya dan dapat menerapkan aturan yang sesuai dengan kondisi terutama memudahkan fokus kerja pada tiap daerah," ungkap Awang. 

Gubernur berharap bupati bersama jajaran Pemkab dan DPRD Kukar memberikan dukungan penuh terhadap pemekaran wilayah dengan pembentukan daerah otonom baru,  Kabupaten Kutai Pesisir.

Sementara itu Sekretaris Umum Timses Kutai Pesisir Andi Firman mengatakan pihaknya sudah menyerahkan secara resmi surat dukungan maupun berita acara dari lima kecamatan yang tergabung dalam Kutai Pesisir.

“Surat dukungan maupun berita acara sudah kita serahkan ke Plt Bupati Kukar (Edi Damansyah) yang ditembuskan ke DPRD Kukar, Bapak Gubernur dan DPRD Kaltim,” ungkapnya.

Dia berharap gubernur memfasilitasi timses pemekaran untuk bertemu dengan Plt Bupati dan DPRD Kukar diagendakan sidang paripurna sebelum berlangsung Pilgub 2018.

Tokoh masyarakat yang juga mantan anggota DPRD Kaltim, H Hermain Okol mengungkapkan dukungan dalam perjuangan pembentukan Kutai Pesisir. Dimana dirinya sudah melakukan sosialisasi bahkan deklarasi masyarakat lima kecamatan yang tergabung dalam Kutai Pantai (Kutai Pesisir sekarang).

“Saya ingat sekitaran 1980an di Muara Jawa kami melakukan pidato deklarasi pembentukan Kabupaten Kutai Pantai. Kita akan terus berjuang untuk mewujudkannya,” beber Hermain. (*)

Reporter : Omar N | Humas Pemprov    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0