23 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

CATAT! Ini Waktu untuk Warga Bontang Saksikan Gerhana Bulan Total


CATAT! Ini Waktu untuk Warga Bontang Saksikan Gerhana Bulan Total

KLIKBONTANG.COM - Fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) dapat disaksikan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali Kalimantan Timur, Rabu (31/1/2018) malam nanti.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi SAMS Sepinggan Balikpapan Mulyono Leo Nardo mengatakan GBT dapat dilihat dengan mata telanjang bila keadaan cuaca mendukung alias tak tertutup awan atau hujan.

Dari data prakiraan cuaca di seluruh Kabupaten/Kota di Kaltim, hanya di Sendawar yang berpotensi turun hujan pada Rabu (31/1/2018) malam hari.

Selain itu, masyarakat Kabupaten/Kota seperti, Samarinda, Balikpapan, Tanag Grogot, Tanjung Redeb, Tenggarong, Sangata, Samarinda, Penajam dan Bontang, dipastikan dapat menyaksikan fenomena langka tersebut.

"Dari amatan kami yang poyensi hujan di Sendawar. Nah, kalau keadaan cerah cukup bagus, GBT bisa dilihat di seluruh wilayah infonesia. Dengan mata langsung, teleskop atau teropong," kata Mulyono.

Lebih lanjut, Gerhana Bulan Total adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga cahayanya tidak sampai ke bulan.

Peristiwa ini hanya terjadi pada saat bulan purnama, ungkap Mulyono. Fenomena GBT diperkirakan akan berlangsung selama 3 sampai 4 jam. Dimulai sekitar 19.48 Wita, masuk fase gerhana total 20.51 Wita, lalu Gerhana akhir total 22.07 Wita, dan berakhir sekitar 23.11 Wita.

"Durasi 1 jam 16 menit gerhana total, 3 jam 22 menit gerhana sebagian dan total, itu dapat dilihat di seluruh wilayah indonesia, termasuk Kaltim," ujarnya.

Masyarakat Kaltim tak perlu khawatir saat menyaksikan GBT. Lantaran fenomena ini bukan seperti Gerhana Matahari Total yang berdampak langsung bagi kesehatan terutama mata. GBT ini dapat dilihat langsung dengan mata telanjang tanpa menyebabkan efek samping. "Bukan seperti GMT. GBT ini aman, masyarakat bisa lihat dengan mata langsung," ungkapnya.

Saat ditanya apakah pihaknya melakukan pengamatan GBT, Mulyono mengatakan untuk GBT mereka tak melakukan di Balikpapan. "Di sini tidak ada (kegiatan pengamatan), pusat yang akan lakukan pengamatan," tuturnya. (*)

Reporter : Said NR    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0