20 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Terealisasi November, Produta di Guntung Hanya Sasar 18 RT


Terealisasi November, Produta di Guntung Hanya Sasar 18 RT
Salah satu wujud Produta di RT 07 Kelurahan Guntung melalui pengecatan jalan. (ILHAM/KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG.COM - Tiap Rukun Tetangga di kelurahan punya cara tersendiri memanfaatkan dana dari Program Dua Ratus Juta (Produta) dari Pemkot Bontang, Kalimantan Timur.

Di Kelurahan Guntung misalnya. Dana itu wajib menyasar tiga unsur, Green, Smart, dan Creative City sesuai dengan visi dan misi pemerintahan Neni dan Basri. Program ini sudah terealisasi sejak November 2017.

Dari 25 Rukun Tetangga (RT), Produta hanya menyasar 18 RT saja. Sisanya 7 RT tak bisa mendapatkan program besutan Neni-Basri karena berada di kawasan Kampung Sidrap yang masih jadi polemik tapal batas dengan Kutai Timur. "7 RT di Sidrap tak bisa disalurkan Produta karena masih ada masalah di tapal batas," ujar Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Kelurahan Guntung, Nur Alam saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 12 Januari 2018.

Usulan RT untuk mewujudkan Green City, berupa pot bunga plus dengan tanamanya, lampu hias, dan pengecatan lingkungan RT. Sementara, penyediaan wifi corner di rumah adat Guntung sebagai wujud menyukseskan Smart City. "Ini kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatik (Diskominfotik) Bontang," kata Nur Alam.

Nur Alam melanjutkan usulan di Creative City bisa terlihat di RT 14. Di RT ini terdapat produksi pupuk kandang, begitu pula warga RT 07 Guntung yang bisa menghasilkan pupuk kompos. "Kalau RT 09 mendaur ulang karung bekas menjadi tas dan pot bunga," tambah Nur Alam. (*)

Reporter : Ilham Abdullah    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0