16 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Dua Inovasi Ini Bikin Camat Zemmy jadi Terbaik se-Kaltim


Dua Inovasi Ini Bikin Camat Zemmy jadi Terbaik se-Kaltim
Camat Zemmy memperlihatkan piala dan piagam penghargaan Camat Terbaik se-Kaltim di rumahnya, Selasa (9/1/2018). (DARWIN/KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG.COM - Dua inovasi program dari Kelurahan Bontang Baru dan Lok Tuan membuat Camat Bontang Utara Zemmy Hasz meraih predikat Camat Terbaik se-Kalimantan Timur periode 2017.

"November lalu, saya bawa bahan presentasi Pelayanan Three in One dan Super RT dari kelurahan. Dua inovasi ini jadi penilaian utama bagi tim penilai" ungkap Zemmy.

Program Three in One dari Kelurahan Bontang Baru guna memberikan pelayanan khusus pengurusan akta kematian. Program ini membantu warga mengurus akta kematian, pembaruan daftar anggota di Kartu Keluarga (KK) dan perubahan status Kartu Tanda Penduduk (KTP) khusus bagi yang berstatus menikah.

Sementara aplikasi Super RT dari Kelurahan Lok Tuan berguna untuk mempermudah serta mempercepat proses pengurusan berkas dari tingkat Rukun Tetangga (RT) ke kelurahan. "Kita satu-satunya di Kalimantan Timur yang memiliki inovasi ini," tuturnya.

Camat Zemmy mengaku implementasi program Pelayanan Terpadu Kecamatan (PATEN) yang diterapkan Bontang Utara juga menjadi poin penting dalam penilaiannya. Ia berujar tata kelola pemerintahan ini memang susah-susah gampang. Ketika diimplementasikan, harus berhati-hati dengan terus berada pada koridor yang berimbang antara pemerintah selaku pengelola regulasi pada pelayanan dengan masyarakat.

"Saya pikir regulasi yang mengatur tata kelola pelayanan di Kecamatan Bontang Utara bisa terus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat," tukasnya.

Hal lain adalah fokus peningkatan sektor wisata seperti Sungai Belanda di Kelurahan Bontang Kuala dan pagelaran pesta adat di Guntung, memberi kesan tersendiri bagi juri.

Zemmy berujar ada sepuluh juri yang menilai saat presentasinya lalu. Mulai dari Kepala Bappeda Kaltim, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kepala Bagian Pemerintahan Provinsi dan lainnya.

"Semua unsur juri atau penilai berasal dari Pemerintah Provinsi. Jadi, sangat objektif dalam memberikan penilaian," terangnya.

Usai presentasi, tim penilai juga melakukan kunjungan lapangan untuk meninjau langsung bahan yang sudah dipresentasikan. Survei dilakukan untuk melihat bagaimana penerapan inovasi yang sudah dilakukan masing-masing daerah. Zemmy berharap, program dan aplikasi ini dapat diintegerasikan ke tiap kelurahan sehingga memberikan kemudahan pelayanan.

Sejak menjabat pada 2013 lalu, Camat Zemmy mengaku terus berupaya mendorong tiap kelurahan untuk memiliki berbagai unggulan khas daerah. Baik program, produk usaha kecil menengah (UKM) hingga sektor pariwisata. KLIK JUGA: Zemmy Hasz Dinobatkan Camat Terbaik Berprestasi Se-Kaltim

Setelah memiliki produk unggulan, kata Zemmy, langkah selanjutnya adalah fokus menciptakan kepercayaan publik kepada pemerintah selaku pengatur regulasi. Hasilnya, masyarakat akan memiliki kepercayaan kepada pemerintah secara pasti dan nyaman atas pelayanan yang dilakukan oleh aparatur yang bertugas pada tiap pos pelayanan.

"Selama menjadi Camat, yang saya lakukan adalah bagaimana menciptakan iklim kondusif di wilayah Kecamatan Bontang Utara. Masyarakat terus diajak mewujudkan kondisi yang baik dan beker jasama membangun Kota Bontang," kesannya. (*)

Reporter : Darwin Tri    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0