20 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

UKM Bontang Sepi Ajukan Desain Kemasan


UKM Bontang Sepi Ajukan Desain Kemasan
Pegawai display di UKM Centre Bontang menunjukan salah satu produk makanan terbaru dengan standart label kemasan. (DARWIN TRI/KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG.COM- Pelaku industri kecil di Kota Bontang kurang meminati desain kemasan dan pembuatan label untuk memasarkan produk hingga ke tangan konsumen.

Padahal, salah satu syarat membuat izi Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) adalah dengan memiliki label dan kemasan yang cocok untuk produknya. Belum lagi ketika pelaku usaha ingin membuat label halal dan barcode, tahapan pembuatan label kemasan yang baik adalah awal dari tahapan tes itu.

Ini bisa terlihat dari sepinya kunjungan dan permintaan di Klinik Desain Kemasan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Kota Bontang. Fasilitas dari Pemkot Bontang ini memang sengaja dibuat untuk membantu pelaku usaha kecil membuat label sekaligus merancang kemasan produknya sejak 2008 silam.

"Di tahun ini pelaku usaha jarang membawa produk mereka kesini untuk didesain kemasannya," ujar Adewa Rino Mahendra, Petugas Desain Grafis Klinik Desain Kemasan Diskop-UKMP kepada Klikbontang.com

Jika dikalkulasi, setiap pekan hanya berkisar 10 usaha kecil dan menengah yang datang. Bahkan juga tak ada sama sekali. "Kalau beberapa tahun lalu, bisa sampai 5 UKM datang tiap hari," terang Dewo-Sapaan akrabnya.

Dewo berkata untuk satu desain label kemasan Ia mampu menyelesaikannya dalam waktu 2 jam hingga 3 hari. Tergantung bagaimana ide desainnya mengalir dan menghasilkan karya.

"Kalo lagi lancar ya bisa selesai cuma 2 jam, paling lama 3 hari. Apalagi kalau komputer ini tidak bermasalah dan diberi perawatan," bebernya. (Adv)

Reporter : Darwin Tri    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0