25 Maret 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Goa Segegeh, Sumber Mata Air Menakjubkan dari Pesisir Kutai Timur


Goa Segegeh, Sumber Mata Air Menakjubkan dari Pesisir Kutai Timur
Mulut goa segegeh

KLIKBONTANG- Memiliki beragam titik wisata bahari membuat Desa Sekerat (Kecamatan Bengalon) dan Desa Selangkau (Kaliorang) yang berbatasan langsung ini menyimpan banyak potensi.

Salah satunya Goa Segegeh, yang berada di kaki pegunungan Sekerat sehingga memperkaya potensi wisata goa tersebut.

Sekretaris Karang Taruna Desa Sekerat, Arman Amar, mengatakan potensi tersebut patutnya mendatangkan peningkatan ekonomi desa maupun daerah.

Berjarak kurang lebih hanya satu kilometer dari bibir pantai, kata Arman, akses menuju Goa Segegeh menawarkan sensasi karena menantang. Pengunjung harus menelusuri hutan mangrove dan Sungai Segegeh yang alirannya berasal dari di mulut goa.

Di samping itu, goa ini terbilang unik karena sungainya menjadi sumber mata air yang bersambung dengan air di dalam gua. “Sungai ini meskipun musim kemarau airnya tidak pernah kering karena mata airnya lumayan besar. Konon kolam air dan ukuran gua cukup luas menurut warga sekitar,” katanya.

Untuk itu, lanjut ia, masyarakat setempat sangat berharap agar pemerintah daerah dan DPRD melalui Dinas Pariwisata agar bisa membangunkan jembatan yang terbuat dari ulin. Hal itu perlu agar akses jalan jauh lebih mudah dan aman.

"Saya rasa kalau pemerintah memang serius ingin membangun dan membenahi infrastruktur potensi wisata yang di kutim lebih khusus di Desa Sekerat dan Desa Selangkau sebagai tambahan hasil daerah inilah waktunya pemerintah berlari kencang jangan hanya sekedar sibuk mempromosikan saja tanpa ada keseriusan,"jelasnya.

Ia menilai potensi itu tidak kalah dengan daerah yang lain, sehingga saat Kutim untuk tidak hanya mengandalkan pertambangan, migas dan perkebunan. Sebaliknya, Bali mampu menghasilkan PAD sampai triliunan rupiah dari satu sektor (pariwisata) saja.

“Tinggal diseriusi yaitu menggali dan membangun pariwisata agar mandiri. Tapi yang menjadi pertanyaan berani gak pemerintah kita," tegasnya.

Langkah menginventarisi potensi wisata oleh pemerintah maupun lembaga desa memang telah digaungkan oleh pemerintah daerah. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim Dwi Susilanto Gunawan mengatakan baik kecamatan hingga desa perlu memetakan potensi wisata masing-masing.

"Kita sudah minta camat dan kepala desa untuk mendata semua potensi-potensi wisata yang ada di daerahnya masing-masing. Kita ingin melihat semua potensi-potensi yang ada di daerah," ujarnya.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Timur (Kutim) terus melakukan penataan dan pembenahan terhadap potensi-potensi wisata daerah. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan perencanaan dan pengelolaan pariwisata. (*)

Reporter : Sukriadi | KLIK SANGATTA    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0