18 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Imbang Lawan Swedia, Italia Gagal ke Piala Dunia 2018


Imbang Lawan Swedia, Italia Gagal ke Piala Dunia 2018
Ekspresi bek Italia, Antonio Candreva dalam pertandingan melawan Swedia pada leg kedua babak play-off Piala Dunia 2018 di Stadion Giuseppe Meazza, Italia, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB. (/AFP/Marco Bertorello)

KLIKBONTANG.COM- Timnas Italia gagal lolos ke Piala Dunia setelah hanya sanggup bermain imbang 0-0 kontra Swedia pada leg kedua babak play-off Piala Dunia 2018 di Stadion Giuseppe Meazza, Italia, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB.

Italia kalah agregat 0-1 setelah tumbang dengan hasil tersebut pada leg pertama. Kegagalan ini merupakan kedua kali bagi juara dunia empat kali tersebut sejak 1958.

Pada babak pertama, Italia mendominasi permainan. Mereka unggul penguasaan bola dengan 73 persen berbanding 27 ketimbang tim tamu. Gli Azzurri, demikian julukan tuan rumah, juga lebih agresif dengan melepaskan total tembakan 9 kali, dengan 2 di antaranya tepat ke arah gawang.

Bandingkan dengan Swedia yang hanya punya 1 shot on target selama 45 menit babak pertama. Namun, apes bagi Italia, peluang yang didapat Antonio Candreva gagal menaklukkan kiper Swedia, Robin Olsen.

Manolo Gabbiadini ganti mengancam jelang berakhirnya babak pertama. Namun, sama seperti Antonio Candreva, upaya pemain Southampton tersebut gagal memberi ancaman berarti.

Memasuki babak kedua, Italia tetap tidak mengendurkan serangan. Aksi Antonio Candreva pada awal babak kedua memaksa bek Swedia, Mikael Lustig menjatuhkannya di kotak penalti. Namun, wasit Antonio Mateu menilai aksi Mikael Lustig tersebut bukan pelanggaran.

Italia terus membombardir pertahanan Swedia. Namun, hingga babak kedua berakhir, tidak satu pun peluang mereka berbuah menjadi gol.

Perlu diketahui bahwa play-off baru digunakan UEFA sebagai kelanjutan fase grup sejak 1998. Sejak itu pula, tak ada tim yang mampu membalikkan kekalahan 0-1 pada partai pertama, termasuk Italia.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2002, Republik Ceska dan Austria memulai kiprah di babak play-off dengan kekalahan 0-1. Akhir cerita, kedua negara gagal melaju ke putaran final di Korea dan Jepang.

Berlanjut ke Kualifikasi Piala Dunia 2006, Norwegia juga kalah 0-1 dari Ceska pada laga pertama play-off. Norwegia pun mengikuti kisah Ceska empat tahun sebelumnya alias tersingkir.

Menjelang putaran final 2010, ada 2 tim yang takluk 0-1 pada partai pertama play-off zona Eropa, yaitu Irlandia dan Bosnia-Herzegovina. Pada pertandingan kedua, Irlandia hanya meraih hasil seri 1-1 setelah memaksa Prancis menjalani perpanjangan waktu.
Sementara itu, Bosnia kalah lagi 0-1 dari Portugal.

Swedia juga sempat terlibat dalam repetisi sejarah ini.
Mereka kalah 0-1 dari Portugalpada partai pertama play-off Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Di laga kedua, Swedia sempat memberikan perlawanan sengit, tetapi Cristiano Ronaldo bikin hattrick sehingga mereka takluk 2-3.
Kini, di Stadion Giuseppe Meazza, Swedia mendapatkan sukacita dari sejarah yang berulang. (*)

Reporter : Darwin Tri | Berbagai Sumber    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0