21 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Gaji PNS dan Honorer Bontang Naik


Gaji PNS dan Honorer Bontang Naik
Ribuan honorer saat berkumpul di Auditorium Kantor Walikota Bontang (DOK. KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG.COM- Ini kabar baik bagi pegawai PNS dan non-PNS di lingkungan Pemkot Bontang. Terhitung 1 Januari mendatang, gaji pegawai dan tunjangan dipastikan meningkat dari tahun ini.

Kabar baik ini disampaikan,Walikota Bontang Neni Moerniani usai menghadiri rapat paripurna beberapa waktu lau. Neni mengatakan, di dalam rencana APBD 2018 ini dirinya mengalokasikan Rp 47 miliar tambahan untuk tunjangan pegawai pemkot.

"Ada kenaikan dari APBD-Perubahan 2017 ini sebesar Rp 47 miliar," kata Neni.

Menurut Neni, kenaikan tunjangan pegawai diharapkan mampu meningkatkan etos kerja mereka untuk melayani masyarkat. Pasca badai defisit anggaran, seluruh tunjangan pegawai telah dirasionalisasi berimbas kepada pendapatan mereka.

Seiring dengan kondisi finansial perlahan membaik. Pihaknya sengaja memberikan suntikan dana tambahan agar performa para pegawai pun lebih baik lagi.

Diketahui, alokasi anggaran belanja pegawai di pos belanja langsung APBD 2018 sebesar Rp 73 miliar lebih atau setara 11 persen dari total Belanja langsung Pemkot Bontang yakni, Rp 691 miliar.

Dana ini diperuntukkan bagi ribuan tenaga honorer dan tunjangan. PNS. Pun demikian, Neni mengaku tidak mengetahui persis besaran yang bakal diterima pegawai di lingkungan pemkot.

"Yang jelas beragam, untuk Honorer begitu dan pegawai atau pejabat pun tergantung eselonnya," pungkasnya.

Dirinya menambahkan, terhitung tahun depan, pemkot tidak lagi mengalokasikan anggaran untuk e-Performance bagi pegawai PNS. Pasalnya, sesuai arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar nomenklatur belanja e-perfomance di hapus.

Sehingga, terhitung tahun depan, tunjangan bagi pegawai PNS hanya satu nomenklatur yakni Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP). Namun, tunjangan ini setara dengan kondisi sebelumnya.

"KPK tidak mau ada kegiatan itu, jadi kami satukan perfomance dan TPP. Bukan dihapus, tapi diubah saja," tandasnya.(*)

Reporter : Ichwal Setiawan    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0