16 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Inovatif, Neni Wacanakan Berobat Cukup Pakai e-KTP


Inovatif, Neni Wacanakan Berobat Cukup Pakai e-KTP
Walikota Bontang Neni Moerniani saat menyampaikan pidatonya dalam upacatra HUT Kota Bontang ke-18 di halaman kantor Walikota lama, jalan Awang Long, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Kamis (12/10).

KLIKBONTANG.COM– Walikota Bontang, Neni Moerniani mewacanakan pengobatan gratis bagi masyarakat cukup menggunakan KTP Elektronik. Rencana ini disampaikan Neni saat menyampaikan sambutannya dalam Sidang Paripurna HUT Kota Bontang ke-18 tahun belum lama ini.

Walikota Neni mengatakan, jumlah masyarakat Bontang yang telah mengantongi Kartu BPJS Kesehatan mencapai 40 ribu lebih.  Jumlah ini setara dengan 80 persen warga yang terdata sebagai pemegang Kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dari total 80 ribu peserta Jamkesda.

“Kita berencana nantinya pelayanan kesehatan di RSUD cukup menggunakan e-KTP saja atau Kartu Keluarga (KK),” kata Neni saat menyampaikan pidatonya.

Menurut dia, pelayanan kesehatan masyarakat menjadi agenda prioritas pemerintah untuk dinikmati seluruh elemen masyarakat. Masih ada sebagian warga miskin yang belum memiliki jaminan kesehatan yang juga berhak untuk menikmati layanan kesehatan di Bontang.

Untuk itu, pihaknya kedepan akan memberikan toleransi bagi warga kurang mampu agar tetap mendapatkan layanan kesehatan gratis di rumah sakit.

Dijelaskan, program ini nantinya diperuntukkan bagi warga miskin yang belum mengantongi kartu jaminan apapun. Mereka (Gakin-red) cukup datang ke RSUD Taman Husda kemudian menunjukkan kartu e-KTP mereka ke petugas medis dan langsung mendapatkan layanan kesehatan secara gratis. Pun demikian, layanan ini akan ditempatkan di kamar kelas III.

“Gratis pengobatan bagi mereka, yang penting mau di kelas III,” kata Neni.

Pun demikian, pihaknya mengaku masih akan berembuk dengan instansi terkait untuk membahas secara teknis rencana ini. Tetapi, secara prinsip dirinya memastikan program inovatif ini akan berjalan di Bontang.

“Tidak ada yang tidak mungkin, pasti kami bisa melakukan ini. Yang penting masyarakat juga mendukung rencana ini,” katanya.

Sekadar informasi, Pemkot Bontang tengah berupaya agar seluruh warga Bontang mengantongi kartu jaminan kesehatan. Dari total 100 ribu lebih warga, sekitar 60 ribu orang telah tercover oleh BPJS Kesehatan yang premi tiap bulannya dibayarkan dari APBD Kota Bontang.

Selebihnya, warga Bontang yang bekerja sebagai pegawai, karyawan telah tercover langsung oleh masing-masing perusahaan dan instansi tempat mereka bekerja.(*)

Reporter : Ichwal Setiawan    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0