16 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

9 Mahasiswa Sukses Ikuti COOP Badak LNG Angkatan ke-28


 9 Mahasiswa Sukses Ikuti COOP Badak LNG Angkatan ke-28
Hanes Utama, Senior Manager Corporate Communication Badak LNG (kiri) menyerahakan secara simbolis sertifikat kepada Rafshanjani, salah satu peserta COOP Badak LNG angkatan 28 di Gedung Rega Badak LNG, Kota Bontang, Kamis, 12 Oktober 2017. (FOTO: HUMAS BADAK LNG)

KLIKBONTANG.COM- Sebanyak 9 orang mahasiswa dari berbagai universitas di Kalimantan Timur yang tergabung di Cooperative Education Program (COOP) Angkatan 28 dilepas langsung Hanes Utama, Senior Manager Corporate Communication Badak LNG, di Gedung Rega Badak LNG, Kota Bontang, Kamis, 12 Oktober 2017.

Perpisahan tersebut menandakan sudah enam bulan lamanya para mahasiswa tersebut menjalani masa magang di berbagai departemen di lingkungan Badak LNG. Cooperative  Education Program (COOP) adalah kegiatan pendidikan yang menerapkan sistem Working Learning  Integrated Program antara dunia industri dan dunia pendidikan. Selain mengatasi kesenjangan antara dunia industri dan pendidikan, program ini juga berfungsi memenuhi kebutuhan dunia industri akan tenaga kerja yang terampil dan siap pakai, baik secara hard skill maupun soft skill.

Acara pelepasan ini dihadiri langsung Hanes Utama, Senior Manager Corporate Communication Badak LNG, manajemen Badak LNG, Ketua STITEK Bontang, Hardianto, para pembimbing, serta para undangan lainnya. “Harapan kami, mahasiswa COOP semua dapat mengambil hikmah dan nilai positif saat mengikuti program magang di Badak LNG ini, mampu mengetahui dunia kerja yang sebenarnya, mampu bertanggung jawab pada tugasnya masing-masing dan selalu disiplin dalam segala hal” tutur Hanes Utama, Senior Manager Corporate Communication Badak.

Pelepasan para mahasiswa itu juga ditandai dengan pemberian sertifikat dan suvenir yang diberikan langsung Hanes Utama dan beberapa pembimbing lain dari masing-masing departmen kepada semua mahasiswa COOP yang telah menyelesaikan magangnya.

“Terima kasih kepada Badak LNG yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk belajar dan mengenal dunia kerja yang sebenarnya. Terima kasih juga kepada Bapak Ibu pembimbing kami, yang telah memberikan atau menyalurkan ilmunya kepada kami “ ungkap Karin, salah satu mahasiswa dari Universitas Mulawarman.

Dengan berakhrinya masa magang dari mahasiswa program COOP angkatan 28, maka Badak LNG juga melakukan seleksi penerimaan mahasiswa program COOP angkatan 29 tanggal 5-6 Oktober 2017 lalu. Seleksi yang dilakukan terdiri dari seleksi administrasi, Tes Potensi Akademik atau TPA, Bahasa Inggris dan terakhir adalah wawancara. Namun ada hal yang berbeda dari penerimaan mahasiswa COOP angkatan 29 ini yakni dikhususkan mahasiswa yang berdomisili di Bontang. Dengan adanya hal ini, tentunya semakin memajukan pendidikan di kota tempat Badak LNG ini berada.

Untuk memajukan pendidikan di kota Bontang, Badak LNG turut merintis usaha-usaha pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan. Badak LNG berupaya mendukung pengembangan pendidikan di Kota Bontang melalui program “Badak Peduli Pendidikan”. Program ini dilaksanakan bersinergi dengan para stakeholder pendidikan di Kota Bontang, agar menjadi tepat sasaran. Hal ini adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap peningkatan kualitas dan daya saing SDM Bontang. Untuk mendukung pengembangan pendidikan Kota Bontang dan Kaltim, Badak LNG telah menggulirkan aneka program dan aktivitas. Selain COOP, aktivitas lainnya antara lain adalah LNG Academy, PKL, dan BAFCO.

LNG Academy didirikan dengan tujuan menjadi pusat keunggulan (center of excellence) serta rujukan pendidikan keteknikan di bidang migas, khususnya bidang LNG. Setelah empat dekade, Badak LNG telah tercatat sebagai salah satu perusahaan yang mumpuni dalam pengolahan LNG. Banyak pekerja Badak LNG yang berpengalaman, rutin memberikan  pelatihan serta berbagi pengalaman mengoperasikan kilang LNG kepada pekerja perusahaan lain. Kelebihan inilah yang melatarbelakangi pendirian LNG Academy

Badak LNG juga melaksanakan aktivitas pendidikan lain yang mirip dengan COOP, berupa Praktik Kerja Lapangan (PKL). Jika COOP berlangsung rata-rata enam bulan, maka kegiatan PKL dilaksanakan sekitar satu sampai dua bulan saja. Selain kegiatan PKL reguler, Badak LNG juga menyelenggarakan program magang Laboratory and Environment Control, Kultur Jaringan dan Operator Biodiesel. Program magang ini merupakan kerja sama antara Corporate Communication Department dengan Laboratory and Environmental Control Section dan Nursery Section Badak LNG. Program magang selama satu tahun ini dikhususkan bagi lulusan minimal SMK/SMA IPA di Kota Bontang dan juga Lulusan S1 Biologi untuk program magang Kultur Jaringan.

Selain itu, pada tahun 2013, Nanang Untung, President Director & CEO Badak LNG saat itu, menggagas nama Badak Full Scholarship  (BAFCO). Beasiswa pendidikan ini ditujukan untuk anak sekolah hingga untuk mahasiswa perguruan tinggi. Penanggung jawab Beasiswa BAFCO adalah Director & COO. Adapun pelaksanaan teknis dilakukan oleh Corporate Communication Department Badak LNG bekerja sama dengan Yayasan Vidatra. Sebagai program full scholarship, BAFCO menanggung seluruh biaya yang timbul dari program pendidikan para penerimanya. Biaya tersebut mencakup biaya pendidikan, seragam, buku pelajaran dan buku tulis, bimbingan belajar, serta transportasi sekolah.(adv)

Reporter : Cindy | Humas Badak LNG    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0