20 Agustus 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Investor asal Kaltim Senang Berburu Saham Telkom dan Kalbe


Investor asal Kaltim Senang Berburu Saham Telkom dan Kalbe
Ilustarasi suasana di Bursa Efek Indonesia.

KLIKBONTANG.COM- Upaya PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam membumikan pasar modal mulai membuahkan hasil. Investor retail mulai mencari cuan di pasar modal. Mereka yang datang tidak hanya dari masyarakat perkotaan, namun juga dari warga desa di pelosok Kalimantan Timur.

Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan menceritakan BEI sudah sukses menyosialisasikan program Yuk Nabung Saham di Desa Argo Mulyo, Kalimantan Timur.

Saat ini, kata Nicky, dari total 1.200 KK, 500 di antaranya sudah menjadi investor. Pencapaian ini tidak bersifat instan. Sejak awal tahun, BEI gigih dalam menghadirkan pasar modal kepada masyarakat di wilayah tersebut.

"Kita lakukan edukasi, kita undang di balai desa. Edukasinya dilakukan tidak pada jam kerja," ujarnya di Gedung BEI, Jumat (11/8/2017).

Hal yang patut membuat bangga adalah, dari proses literasi tersebut, masyarakat sudah pandai mempertimbangkan saham yang mereka beli. Nicky mencontohkan, beberapa warga mengoleksi saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), dan PT Elnusa Tbk (ELS).

"Dia beli saham Telkom, Kalbe, Elnusa. Kenapa beli Telkom? Dia tahu karena semua orang pakai telephone, kenapa beli Kalbe? Karena semua orang kalau sakit butuh obat," terang Nicky.

Harapannya, semangat ini dapat menular di seluruh desa di penjuru nusantara. Oleh karena itu, dalam rangka mempermudah masyarakat untuk membuka rekening investasi pasar modal, BEI bersama Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menandatangani Nota Kesepahaman Desa Nabung Saham dengan Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).

Nicky menjelaskan, dalam konteks kerjasama dengan BRI, BEI akan memanfaatkan database nasabah BRI dalam suatu desa. "Nanti akan diundang berdasarkan database nasabah BRU, nanti akan diundang dan dilakukan edukasi," tukas dia.(*)




Comments

comments


Komentar: 0