18 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ini Efek Negatif Pemakaian Tusuk Gigi


Ini Efek Negatif Pemakaian Tusuk Gigi
ilustrasi

KLIKBONTANG.COM- Sering pakai tusuk gigi usai makan? Jika ya, coba kurangi kebiasaan ini. Penelitian menyatakan bahwa tusuk gigi dapat memberikan dampak negatif pada gigi.

Hal ini berlaku untuk tusuk gigi yang terbuat dari kayu maupun plastik. Keduanya sama-sama mudah menyebabkan infeksi pada jaringan di sekitar gigi.

Bentuk tusuk gigi juga tidak sesuai dengan anatomi gigi. Ini membuatnya berisiko merusak gusi di sela-sela gigi. Selain itu, penggunaan tusuk gigi yang berlebihan dapat menimbulkan celah di antara gigi, bahkan melebarkannya.

Kemudian, gusi yang semula menutupi sela-sela gigi dapat menurun sehingga memudahkan sisa makanan ‘bertengger’ di area tersebut. Semakin lama celah tersebut akan semakin lebar, karena biasanya sisa makanan yang masuk semakin banyak.

Dengan membesarnya celah gigi, maka permukaan gigi di sisi tersebut akan terbuka. Lama-kelamaan kondisi ini dapat membuat gigi menjadi ngilu.

Di samping itu, keseringan memakai tusuk gigi dapat menyebabkan pembesaran gusi atau epulis fibromatousa. Ciri-cirinya adalah berbentuk benjolan lunak berwarna pucat, tidak mudah berdarah, dan tidak sakit.

Epulis dapat disembuhkan dengan pemotongan dan kuret pada gusi. Namun, kondisi ini dapat kambuh jika kebiasaan memakai tusuk gigi tidak dihentikan.

Perlu diketahui juga, beberapa jenis makanan memang wajar bila menempel dan tersangkut di antara gigi – misalnya, makanan berserat (seperti sayuran), daging sapi, popcorn, keripik, dan lain-lain. Sehingga Anda tak perlu buru-buru mencongkelnya dengan tusuk gigi untuk membersihkannya.

Namun, bagaimana jika semua jenis makanan mudah terselip di gigi Anda? Ini pertanda bahwa gigi Anda memiliki masalah yang harus segera diatasi. Penanganannya bukanlah dengan tusuk gigi, tetapi dengan memeriksakan keluhan Anda ke dokter gigi.(*)

Reporter : Aysah Idris | klik dokter    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0