20 Agustus 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pusat Bersedia Kucurkan Rp18 M untuk Pasar Lok Tuan, Asalkan..


Pusat Bersedia Kucurkan Rp18 M untuk Pasar Lok Tuan, Asalkan..
Walikota Bontang, Neni Moerniaeni bersama rombongan meninjau langsung lokasi pasar di Lok Tuan, Kamis (10/8/2017) kemarin. (FOTO: KLIKBONTANG/FANNY)

KLIKBONTANG.COM- Kementerian Perdagangan Republik Indonesia siap menyalurkan dana Rp18 miliar untuk tiga gedung pasar Citra Mas Lok Tuan baru. Asalkan, Walikota Bontang bisa memenuhi berbagai ketentuan kelaikan menerima program dari pusat.

"Kalau walikota bisa support pembangunan ini sehingga terlaksana dengan mulus, maka bisa jadi catatan kementerian, untuk prioritas dapat kembali," jelas Direktur Logistik dan Sarana Distribusi, Kementerian Perdagangan, Sihard Hadjopan di lahan bakal pembangunan Citra Mas Lok Tuan baru, Kamis, 10 Agustus 2017 sore.

Program pembangunan pasar semi modern tersebut, kata dia, menjadi program nasional yang digagas Presiden Joko Widodo, sebagai upaya menghidupkan kembali pasar rakyat. Melalui kementerian, presiden menargetkan pembangunan 5.000 gedung pasar yang tersebar di seluruh Indonesia. Bentuknya mengacu pada proto type yang sama. Yaitu satu lantai, berisi 233 kios per gedung dengan nilai Rp6 miliar. "Jadi kalau 3 gedung, dananya butuh Rp 18 miliar," rincinya.

Dalam pasar tersebut, lanjut dia, akan tersedia berbagai sarana dan prasarana pendukung yang bertujuan melahirkan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung. Di antaranya, ada los, kios, ruang laktasi, ruang kesehatan, tempat buang sampah yang bagus, musala, toilet dan sapras pendukung lain.

Rancangan gambar yang dibuat, ungkapnya, sengaja berbentuk horizontal atau satu lantai. Karena, berdasarkan penelitian selama ini, pasar bertingkat cenderung kurang peminat. Khususnya pada lantai atas.

"Kita ingin, dengan bentuk bangunan dan dukungan Sapras yang ramah pengunjung ini, semua bisa kembali ke pasar rakyat. Menghilangkan kesan bau, becek, dan lainnya," harapnya. (KLIK JUGA: Walikota Neni Ajukan Pembangunan 600 Kios Pasar di Lok Tuan)

Untuk bisa dikelola daerah, tambah dia, setelah pengerjaan dinyatakan rampung, akan ada proses hibah dari kementerian terkait kepada Pemkot Bontang. "Selain Bontang, pasar ini sudah berdiri di beberapa daerah di Kaltim. Seperti Samarinda, Kutai Timur, hingga Berau," pungkasnya (*)

Reporter : Imran Ibnu    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0