12 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Polantas Bontang Gelar Razia Selama 2 Minggu, Gandeng POM TNI dan Dishub


Polantas Bontang Gelar Razia Selama 2 Minggu, Gandeng POM TNI dan Dishub
int

KLIKBONTANG.COM – Ini imbauan bagi pengendara untuk melengkapi tertib dalam berlalu lintas. Polres Bontang mulai Selasa, (9/5) sampai dua pekan mendatang, menggelar operasi Patuh Mahakam 2017. Berbeda dengan operasi sebelumnya, kali ini Polres Bontang menggandeng Polisi Militer (POM) TNI, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bontang dalam operasi ini.  

Kapolres Bontang, melalui Kasat Lantas Polres AKP Irawan Setyono, mengatakan operasi patuh Mahakam 2017 menyasar para pengendara tanpa dilengkapi surat-surat. Selain itu, operasi ini pun menyisir barang bawaan pengendara mencurigakan, seperti narkoba dan senjata tajam.

“Berbeda dengan operasi Simpati Maret lalu, kegiatan ini tidak lagi peneguran tapi sudah penindakan. Jadi warga diminta untuk tertib saat berkendara,” kata AKP Irawan, Selasa (9/5).

Seperti operasi yang lainya, kegiatan ini bertujuan untuk menekan tindak pencurian kendaraan bermotor, angka kecelakaan dan pelanggara lalu lintas. Pihaknya,  sudah menyiapkan 38 personil dari Satuan Polantas Bontang selama kegiatan ini berlangsung.

Sementara petugas POM TNI memeriksa para pengendara dari kalangan militer mereka yang didapati melanggar lalu lintas akan ikut terkena razia, begitupun dengan kendaraan angkutan umum. Dishub Bontang menyasar kendaraan bernomor plat kuning selama operasi dilaksanakan.

Sasaran utama dalam kegiatan ini yakni, penegakan bagi pengendara yang melanggar lalu lintas. Pengemudi yang menerobos traffic light, melawan arus atau tak menggunakan pengaman saat berkendara. Mereka sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan di jalanan.

"Dalam penegakan hukum, kami berorientasi pada kegiatan yang menyebabkan laka lantas seperti menerobos, melawan arus," katanya.

AKP Iriawan menuturkan, kegiatan ini tak hanya digelar di Polres Bontang saja. Operasi Patuh Mahakam juga dilakukan Polsek di seluruh wilayah hukum Polres Bontang, mulai Polsek Muara Badak, Marangkayu, dan Polsek Bontang Selatan, serta Bontang Utara.

Pihaknya, mengaku kegiatan ini telah melalui sosialisasi sebelumnya. Pada Maret lalu sudah dilakukan operasi simpatik 2017, kegiatan tersebut menekanakan imbauan bagi pengendara. Bulan ini, giliran operasi patuh, sebagai pelaksanaan penindakan atas pelanggaran lalu lintas.

“Upaya sosialisasi sudah dilakukan antara lain melalui melalui media dan Operasi yang dilaksanakan secara bertahap antara lain Operasi Simpatik dilanjutkan Operasi Patuh,” katanya.

Diharapkan kegiatan ini, mampu mewujudkan keamanan saat berkendara, sehingga menurunkan angka laka lantas di jalan raya. Tak hanya itu, kegiatan ini pun mampu memberikan edukasi bagi warga tentang budaya tertib berlalu lintas, kemudian peningkatan kualitas pelayanan publik (*)

Reporter : Ananda    Editor : Said NR



Comments

comments


Komentar: 0