16 Oktober 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Realisasi Investasi Balikpapan Tembus Rp 5,96 Triliun


Realisasi Investasi Balikpapan Tembus Rp 5,96 Triliun
Ilustrasi reklamasi Pantai Balikpapan.

KLIKBONTANG.COM- Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Balikpapan mencatat realisasi investasi Kota Balikpapan, Kalimantan Timur sepanjang 2016 mencapai Rp 5,96 triliun. Dari jumlah itu sebesar Rp5,35 triliun berasal dari asing sedangkan sisanya berasal dari dalam negeri dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 29.073 orang.

Kepala BPMP2T Balikpapan Elvin Junaidi beberapa waku lalu mengatakan dari jumlah PMA tersebut sebagian besar didominasi pada sektor infrastruktur. Itu meliputi perumahan dan hotel, termasuk pariwisata dengan jumlah proyek keseluruan mencapai 81 item.

“Realisasi investasi terbesar pada penanam modal asing (PMA) yakni menyumbang Rp5,35 triliun atau sekitar USD$ 396.562.000 dengan 81 proyek terlaksana. Terbesar properti yakni perumahan dan hotel. Kemudian dilanjutkan pada sektor pariwisata,” bebernya

Sedangkan kata Elvin realisasi investasi untuk penanam modal dalam negeri hanya mencapai Rp71 miliar dengan 22 proyek terlaksana. Realisasi investasi swasta nasional mencapai Rp535 miliar dengan 51 proyek terlaksana. Kemudian disusul perdagangan dan kesehatan yang juga menyumbang dalam realisasi investasi. Sementara pada minat investasi pada sektor industri berad pada urutan keitga.

“Tercatat ada sekitar 31 unit usaha dalam rencana investasi pada sektor industri oleh investor swasta nasional. Secara keseluruan dari realisasi investasi tahun 2016, jumlah tenaga kerja yang terserap 29.073 orang dengan jumlah penerbitan izin prinsip sebanyak 134 dan izin lokasi sebanyak 52 lokasi,” ujarnya melansir KlikBalikpapan.co

Elvin menambahkan sebagian rencana investasi yang belum terealisasi tahun ini, akan direalisasikan tahun mendatang. Dimana investor swasta nasional merencanakan sebesar Rp24 triliun dengan 134 proyek. Untuk target investasi 2017 mengikuti besaran target realiasasi pada skala provinsi Kaltim.

“Rencana investasi yang belum terealisasi dapat direalisasikan tahun depan. Tahun depat target pemerintah masih berkoordinasi lagi dengan Provinsi. Kalo target investor swasta sudah ada,” pungkasnya.(*)

Reporter : Ahmad Riyadi | KLIKBALIKPAPAN.CO    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0