18 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

DPRD Kaltim: Kalau Ada Tenaga Kerja Asal Cina, Usir!


DPRD Kaltim: Kalau Ada Tenaga Kerja Asal Cina, Usir!
Ilustrasi buruh asal Cina

KLIKBONTANG.COM- Maraknya pekerja Cina di sejumlah daerah di Indonesia, menjadi sorotan anggota DPRD Kalimanta Timur (Kaltim). Musababnya, penyebaran pekerja tersebut ditengarai banyak pula tersebar di Bumi Etam.

Anggota DPRD Kaltim, Siti Qomariyah, menduga kemungkinan banyak pekerja Cina tersebar di Kaltim. Dugaan Siti timbul dari tertangkapnya 12 warga negara asing berkewarganegaraan Cina di lokasi proyek pembangunan PLTU Handil, Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Terlebih, mengacu data Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda, jumlah tenaga kerja asing berkewarganegaraan Cina di kawasan proyek pembangunan PLTU sebanyak 65 orang. Demikian dilaporkan Rol, baru-baru ini.

Dari jumlah itu, sebanyak 37 orang bekerja di PT Sepco III dan 28 orang di PT Indo Fudong Konstruksi. Sedangkan ke-12 WNA yang diamankan itu, terindikasi masuk dengan cara ilegal yang menggunakan izin tinggal kunjungan.

"Ada kemungkinan masih banyak lagi WNA asal Cina yang tersebar di Kaltim," ujar Siti. Dirinya menyarankan bila suatu saat kedapatan pekerja Cina ilegal agar segera diusir.

Kalau ada tenaga kerja asal China, usir!," tegasnya. Ia merasa selama ini pekerja asal Kaltim dimarginalkan. Apalagi masyarakat Kaltim sendiri masih banyak yang menganggur lantaran runtuhnya pertambangan.

Siti menekankan agar perusahaan memprioritaskan merekrut tenaga kerja Indonesia. Kalau mau merekrut tenaga asing, harus pastikan dulu tidak ada lagi warga kita yang menganggur," ujarnya.(*)

Reporter : Faiqa | Klik Balikpapan    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0